In GALVALUM

Rangka Baja Ringan Jurai ( Atap )

Rangka Baja Ringan Jurai ( Atap ) - Sebelum mengarah ke topik inti Jurai. Kembali ke pembahasan sebelumnya yaitu Atap, karena ini sangat berhubungan. Atap adalah penutup atas suatu bangunan yang melindungi bagian dalam bangunan atau ruangan-ruangan yang ada di dalamnya. Kita juga akan membahas Atap karena Jurai termasuk elemen penting untuk menyusun sebuah atap.

Komponen-komponen Atap :

  • Strukur Atap ( rangka atap dan penopang rangka atap )
  • Penutup Atap ( genteng )
  • Pelengkap Atap ( tanah horizontal / vertikal dan lisplang )

Struktur Atap

Pengertian Struktur Atap adalah bagian bangunan yang menahan / mengalirkan beban-beban dari atap. Struktur atap terbagi menjadi rangka atap dan penopang atap. Rangka  atap berfungsi menahan beban dari bahan penutup atap sehingga umumnya berupa susunan balok-balok secara vertikal dan horinozntal, keculai pada struktur atap beton. Berdasarkan posisi inilah maka muncul istilah gording, kasau dan reng. Susunan rangka atap dapat menghasilkan lekukan pada atap ( jurai dalam dan luar ) dan menciptakan bentuk atap tertentu.

Penopang rangka atap adalah balok-balok yang disusun membentuk segitiga, disebut dengan istilah kuda-kuda. Kuda-kuda berada dibawah rangka atap, fungsinya untuk menopang rangka atap. Sebagai pengakut bagian atas kuda-kuda disangkutkan pada balok bubungan, sementara kedua kakinya dihubungkan dengan kolom struktur untuk mengalirkan beban ke tanah.

Secara umum dikenal 4 jenis struktur atap : struktur dinding ( sopi-sopi ) rangka baja, kuda-kuda dan rangka baja, struktur baja konvensioanl, struktur baja ringan. Diluar itu ada pula struktur beton yang bisa digunakan untuk atap datar.

Bagain-bagain dari Atap :

Jurai Dalam ialah bagian yang tajam pada atap, berjalan garis tiris atap sampai bubungan, dan terdapat pada pertemuan atap pada sudut bangunan kedalam.

Jurai Luar ialah bagian yang tajam pada atap, berjalan dari garis tiris atap sampai bubungan, terdapat pada pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan luar.

Bubungan ( Nok ) merupakan sisi atap yang teratas, selalu dalam keadaan datar dan umumnya menentukan arah bangunan.

Gording

Kasau komponen atap yang terletak diatas gording dan menjadi dudukan untuk reng. Reng komponen atap yang memiliki profil kecil dalam bentuk dan ukurannya. Posisinya melintang di atas kasau. Ini berfungsi sebagai penahan penutup atap ( genteng dll) dan juga sebagai pengatur jaral tiap genteng agar rapi dan lebih terikat. Jarak antar reng tergantung pada ukuran genteng yang akan dipakai. Semakin besar dimensi genteng semkain sedikit reng sehingga biayapun lebih hemat.

Penutup Atap

Merupakan bagian yang menutupi atap secara keseluruhan sehingga teriptalah ambang atas yang membatasi kita dari alam luar. Ada berbagai pilihan dengan bentuk dan sifat yang berbeda. Faktor-faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan adalah faktor keringanan material agar tidak terlalu membebani struktur bangunan dan faktor ketahanan terhadap cuaca, yang kedua adalah keindahan terhadap desain rumah, salah satu peutup atap yang bagus ialah Genteng Multiroof. Ukuran desain juda memberi pengaruh pada struktur, misal kontruksi kuda-kuda, ukuran reng dan sudut kemiringan.

Komponen Pelengkap Atap :

Talang : yang berfungsi mengalirkan air ke bawah, dipasang mengikuti tiris atap kemudian di alirkan kebawah.

Lisplang : berfungsi mengunci susunan kasau agar tetap berada pada tempatnya, dari estetika berfungsi menutupi kasau yang berjajar dibawah susunan genteng/bahan penutup lain.

Contoh-contoh Pemasangan Rangka Baja Ringan Jurai ( Atap )

Contoh :


Cara Pasang Jurai ( atap )


Cara Pasang Jurai ( atap )

Cara Pasang Jurai ( atap ) Lisplang

Cara Pasang Jurai ( atap ) jarak reng

Cara Pasang Jurai ( atap ) nok pinggir

Cara Pasang Jurai ( atap ) pertemuan dengan tembok

Cara Pasang Jurai ( atap )

Cara Pasang Jurai ( atap )


Pemasangan Jurai ( atap )

Pemasangan Jurai ( atap )

Pemasangan Jurai ( atap )

Pemasangan Jurai ( atap )

Pemasangan Jurai ( atap )

Kesimpulan :

Jurai ( susunan bagian rangka atap ) adalah bagian bangunan yang menahan / mengalirkan beban-beban dari atap, mempunyai 2 jenis, yaitu jurai dalam dan jurai luar . Dalam, bagian yang tajam pada atap, berjalan garis tiris atap sampai bubungan, dan terdapat pada pertemuan atap pada sudut bangunan kedalam dan Luar, bagian yang tajam pada atap, berjalan dari garis tiris atap sampai bubungan, terdapat pada pertemuan dua bidang atap pada sudut bangunan luar

Itu adalah sedikit penjelasan dari Rangka Baja Ringan Jurai ( Atap ). Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi anda dan apa yang kami informasi semoga menjadi referensi anda untuk memilih bahan-bahan yang terbaik untuk hunian anda. Terima Kasih sudah mau mampir di Blog kami. Sampai bertemu di pembahasan-pembahasan yang lain dengan tema Rangka Baja Ringan Galvalum.

Related Articles

Search This Blog

Stevan Laga. Powered by Blogger.