In GALVALUM

Rangka Baja Ringan untuk Dinding

Rangka Baja Ringan untuk Dinding - Dinding adalah suatu struktur padat yang membatasi dan kandang yang melindungi suatu area. Umumnya dinding membatasi suatu bangunan menyokong struktur lainnya, membatasi ruang dalam bangunan menjadi ruangan-ruangan atau melindungi atau membatasi suatu ruang di alam terbuka. Dinding juga mempunyai tiga jenis sturktural yaitu : dinding bangunan, dinding pembatas ( boundary ), dinding penahan ( retaining ).

Dinding juga mempunyai fungsi utama, yaitu menyokong atap dan langit-langit, membagi ruangan, serta melindungi terhadap intrusi dan cuaca. Dinding pembatas mencakup dinding privasi, dinding penanda batas. Ada juga beberapa jenis-jenis dinding.

Jenis-jenis Dinding :

1. Dinding Partisi

Dinding yang memisahkan antar ruang dalam terbuat dari gypsum, fiber, tripleks atau duplex yang diperoleh dari Rangka Baja Ringan Galvalum.

2. Dinding Pembatas

Untuk menandakan batas lahan atau bisa disebut dinding privasi.

3. Dinding Penahan

Digunakan pada tanah yang berkontur dan dibutuhkan struktur tambahan untuk menahan tekanan tanah.

4. Dinding Struktural

Untuk menopang atap dan sama sekali tidak menggunakan cor beton untuk kolom. Kontruksinya 100% mengandalkan pasangan batu bata dan semen.

5. Dinding Non-Struktural

Dinding yang tidak menopang beban, hanya sebagai pembatas apbabila dinding dirobohkan, maka bangunan tetap berdiri. Material yang dipakai untuk dinding non-struktural seperti batu bata, batako, bata ringan, kayu dan kaca.

Kemudian apa kegunaan-kegunaan dari dinding itu sendiri, apakah hanya sebagai sekat suatu bangunan atau sebagai pembatas saja? Tidak hanya itu, kegunaanya utamanya yaitu sebagai eksterior dan juga sebagai interior. Kita bahas satu persatu.

Dinding sebagai Eksterior :

Dinding Eksterior ialah dinding yang posisinya berada dilingkungan terluar bangunan. Fungsi dari dinding ini yaitu untuk melindungi seisi bangunan dari gangguan serta ancaaman dari luar misalnya cuaca ekstrim, binatang buas, dan penjahat. Oleh karena itu, dinding eksterior yang baik  harus kuat, kokoh dan indah. Yap, aspek keindahan ini harus dipenuhi untuk mendukung kenyaman suatu bangunan.

Dinding sebagai Interior :

Dinding Interior ialah dinding yang terletak dibagian dalam suatu bangunan. Dinding ini berguna untuk membagi bangunan kedalam beberapa ruangan dan menjaga privasi setiap ruangannya. Kadang-kadang dinding interior juga dilengkapi dengan hiasan-hiasan khusus seperti peredam suara penghalang cahaya maupun hiasan lain.

Selain untuk Eksterior dan Interior, dinding juga dibagi 3 macam menurutnya :

1. Dinding Permanen

Dinding yang bersifat tetap dan tidak berubah-ubah dalam jangka waktu lama. Keunggulan dari dinding permanen yakni strukturnya yang kokoh, tahan lama, dan mampu melindungi bangunan dengan baik. Material yang lumrah dipakai untuk membuat dinding ini diantaranya batu bata, batako dan bata ringan.

2. Dinding non-Permanen

Dinding yang sifatnya tetap dan bisa diubah-ubah dengan mudah. Dinding non-Permanen biasanya dibuat dari bahan seperti : kayu, bambu dll. Kelebihannnya, dinding ini mempermudah kita untuk memperbaharui desain bangunan setiap waktu.

3. Dinding semi-Permanen

Dinding yang dibuat dari campuran material permanen dan non-permanen dengan keinginan. Kelebihan dari dinding semi-Permanen ialah tingkat kekuatannya yang tinggi dan posisinya bisa disesuaikan dengan kenginan. Karena mampu menciptakan nuansa yang meneduhkan ruangan anda, dinding ini mulai banyak digemari lagi terutama oleh masyarakat perkotaan.

Tidak berhenti disitu saja, dinding juga mempunyai banyak keguanaan maupun kelebihan.

Kegunaan atau Keunggulan :

1. Melindungi seisi bangunan dari ancaman marabahaya

Kegunaan ini sangat penting, jika anda mempunyai rumah tidak ada dinding hanya tiang-tiang penyangga, anda tidak akan bisa melindungi seisi rumah anda dari gangguan-gangguan yang ada diluar seperti hewan buas.

2. Membagi menjadi ruang pribadi dan umum

Pastinya anda juga perlu privasi antar penghuni rumah, sehingga perlu pembagian untuk wilayah anda dan penghuni lain.

3. Memisahkan antar ruangan yang ada di dalam bangunan

Jadi antara kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu akan dipisah dengan dinding, sehingga untuk keperluan rumah tidak akan tercampur menjadi satu.

4. Menahan kontruksi bangunan bagian atas

Jika anda mempunyai rumah yang memiliki lantai lebih dari satu, dinding juga berfungsi untuk menahahan lantai yang ada di atasnya, jadi anda tidak perlu repot untuk membuat tiang-tiang penyangga yang banyak.

5. Mencegah cuaca yang ekstrim

Karena cuaca diluar yang mudah sekali berubah-ubah, seperti : panas, hujan, angin, salju, anda akan terlindungi dari itu semua.

6. Mendukung nilai keindahan bangunan

Untuk mendukung nilai keindahan yang lebih di dinding, anda juga bisa menambah lukisan-lukisan atau graviti di dinding anda, jadi tidak akan terkesan polos.

7. Menyediakan fungsi media penyimpanan

Menyediakan fungsi penyimpanan, anda bisa membuat tempat-tempat gantungan seperti, gantung baju, aksesoris-aksesoris.

8. Menahan radiasi yang bahaya

Melindungi radiasi jika nanti ada suatu radiasi yang menimpa di wilayah anda.

9. Meredam kebisingan dan cahaya yang berlebih

Jika diwilayah anda ada suatu konser musik, anda tidak akan terganggu dengan suara-suara dari luar.

Ketika anda sudah membaca pembahasan di atas, pasti anda berpikiran, bahan apa yang cocok untuk pembuatan dinding yang simple namun dengan hasil yang maksimal. Bahan yang cocok untuk pembuatan dinding ialah Rangka Baja Ringan Galalum.

Contoh-contoh pengerjanan dinding dari Rangka Baja Ringan


Contoh :

Rangka Baja Ringan untuk dinding

Rangka Baja Ringan untuk Dinding

Rangka Baja Ringan untuk Dinding

Rangka Baja Ringan untuk Dinding

Rangka Baja Ringan untuk Dinding

Rangka Baja Ringan untuk Dinding

Ranka Baja Ringan untuk Dinding

Kesimpulan :

Dinding adalah suatu struktur padat yang membatasi dan kandang yang melindungi suatu area. Jenis-jenis dinding juga dibagi menjadi lima : partisi, pembatas, penahan, struktural, non-struktural. Dinding juga memiliki kegunaan sebagai ekterior maupun interior, eksterior sebagai dinding yang bersd diluar ruangan, sedangkan interior dinding yang terletak dalam suatu ruangan. Kemudian dinding juga memiliki keunggulan-keunggulan, salah satunya membagi interior bangunan menjadi ruang pribadi dan umum.

Sekian untuk pembahasan dengan judul Rangka Baja Ringan untuk Dinding. Semoga informasi diatas tadi bisa menjadi referensi anda untuk membuat dinding dari Rangka Baja Ringan Galvalum dan juga, apa yang kami informasikan diatas bisa berguna bagi anda. Terima Kasih sudah mau mampir ke Blog kami lagi. Selamat bertemu dengan kami lagi, tentunya dengan judul yang berbeda namun masih dengan tema yang sama yaitu Rangka Baja Ringan Galvalum.

Related Articles

Search This Blog

Stevan Laga. Powered by Blogger.