Rangka Baja Ringan Galvalume - Pembuatan Atap Rumah dari Rangka Baja Ringan
Baja Ringan Galvalum :
Rangka atap yang semakin populer digunakan yaitu system rangkai atap dari baja ringan . Struktur rangka atap ini semakin banyak dipilih karena saat ini menemukan kayu kualitas prima untuk bahan untuk konstrusi rangka kayu semakin sulit.
Semakin banyak produsen yang menawarkan rangka atap ,juga bagian konstruksi bangunan yang lain dari baja ringan. Dan bukan hanya barang jadinya yang disediakan..Tersedia pula jasa pemasangan dengan garansi tertentu.
Sistem konstruksi yang praktis dan proses pemasangan yang cepat merupakan salah satu keunggulan system ini. Dibandingkan dengan konstruksi rangka dari kayu yang membutuhkan waktu pemasangan minimal 7 hari ( belum ditambah anti rayap ), pemasangan rangka baja bisa diselesaikan hanya dalam waktu 4-7 hari. Selain itu rangka atap ini bisa dirakit ditempat penjual maupun langsung di lokasi .
Jika rangka kayu disusun dari beberapa komponen, lain halnya dengan rangka baja ringan . Rangka merupakan salah satu kesatuan struktur yang tidak terpisahkan. Model rangka atapnya pun tidak dibuat sembarangan. Untuk mendapatkan bentuk dan ukuran yang paling tepat , perhitungan struktur dengan bantuan computer sangat diperlukan. Karena itu , pemasangannya pun harus dilakukan dengan teknik khusus, tidak bisa dikerjakan sembarang tukang. Pastikan ada pengawas proyek atau tukang dalam ahli bidangnya yang telah mendapatkan sertifikat pelatihan kerja khususnya untuk pemasangan rangka baja ringan.
Karena sudah terfabikasikan ,setiap batang bajanya terjamin presisinya. Kondisi ini tentu berbeda dengan rangka kayu yang masih dibuat secara manual . Sama dengan rangka kayu , rangka baja juga memerlukan kuda – kuda sebagi struktur penopang utamanya.Bedanya rangka baja tidak memerlukan gordin dan kaso . Untuk meletakan genteng , baja ringan menggunakan baja profil U sebagai reng.
Dipasaran ,secara umum rangka baja dijual antara Rp.120.000 – Rp.160.000 / m2. Besar kecilnya biaya tergantung pada ketetapan dari produsen baja ringan itu sendiri. Hal – hal lain yang juga mempengaruhi harganya antara lain desain (semakin rumit desainnya , secara otomatis bahan yang dibutuhkan pun semakin banyak) , sudut kemiringan ( semakin tinggi sudut kemiringannya , semakin banyak bahan yang dibutuhkan) , dan bahan genteng (ukuran genteng yang besar akan memperlebar jarak reng sehingga kebutuhan bahan dapat diminimalisasi). Penambahan elemen atap seperti overstek dan teritisan juga mempengaruhi kebutuhan bahan apalagi jika ditambah dengan Genteng Multiroof, pastinya akan menambah hunian semakin menarik.
Jika pada rangka kayu rayap merupakan musuh utama , pada rangka baja ringan karat dan korosi lah musuh utamanya. Untuk menghindarinya , cermat- cermatlah memilih produsen . Pastikan baja ringan yang anda beli diberi garansi anti karat dan korosi .
Hal – hal yang harus menjadi perhatian saat memutuskan untuk menggunakan baja ringan.
Pastikan baja ringan yang anda gunakan berasal dari produsen ternama yang dapat memberikan jaminan kualitas.
Kontruksi yang tepat jika anda memakai Baja Ringan Galvalum :
Pemasangan kuda-kuda baja ringan di atas struktur pendukungnya harus di laksanakan secara benar dan cermat, agar rangka atap baja ringan terpasang sesuai dengan persyaratannya.
Persyaratan :
- Kuda-kuda terpasang kuat dan stabil, dilengkapi dengan (dynablot) pada kedua tumpuannya
- Semua kuda-kuda tegak lurus terhadap rigblak
- Ketinggian apex untuk pemasangan nok di setiap kuda-kuda rata.
- Sisi miring atap rata ( tidak berglombang )
- Tidak ada kerusakan lapisan pelindung
- Tidak terjasi deformasi ( perubahan bentuk ) akibat kesalahan pelaksanaan
Artikel terkait : Harga Rangka Baja Ringan Kanopi
Pemasangan Kontruksi Rangka Atap Baja Ringan Galvalum :
Pemasangan kuda-kuda baja ringan di atas kedua tumpuannya dapat dilakukan dengan dua cara :
- dipasang langsung di atas ring balok
- dipasang di atas ringblak dengan perantara wall-plate, penggunaan sistem tumpuan dengan wall-plate sedapat mungkin harus dihindari, karena tumpuan dengan wall-plate hanya untuk ditujukan untuk meratakan ( leveling ) ringbalok, jika ringblak tidak rata, penggunaan wall-plate akan berakibat kedalaman dunabot yang tertanam di dala ringblak menjadi berkurang, selain itu juga terdaoat ruang kosong di dalam wall-plate yang dapat mengakibatkan perletakan kuda-kuda menjadi kurang stabail
Pemasangan Kontruksi Rangka Baja Ringan Galvalum :
Tumpuan Wall-Plate dan Langsung Ring balok :
Contoh sistem tumpuan wall-plate kuda-kuda ditumpukan pada boxed C75.100, diikat dengan grip segitiga. Pemasangsangan kuda-kuda harus mengikuti beberapa langkah kerja sebagai berikut :
Langkah 1 - Persiapan Kerja :
- menyiapkan gambar rencana atap dan perletakan kuda-kuda dan tidak diperkenankan menggunakan gambar draft sebgai panduan.
- menyiapkan semua peralatan perlengakapan keselamatan dan kesehatan kerja dan memperatikan petunjuk tentang persyartan melakukan pekerjaan di atas ketinggian
- menyiapkan semua perlengkapan untuk pemasangan kuda-kuda, antara lain : bor dan hexagonal socket, meteran, selang air (waterpass), alat penyiku, mesin pemotong, gerjaji besi, palu dsb
Langkah 2 - Leveling dan Marking :
- memastikan seluruh permukaan atas ring balok dalam keadaan rata da siku, dengan menggunakan selang air ( waterpass ) dan penyiku sebagai alat bantu
- memastikan bahwa rangkaian ring balok te
- memastikan bahwa rangkaian ring balok telah mengikat semua bagian bangunan dan tersambung secara benar ( monolith ) dengan kolom yang ada di bawahnya
- memberi tanda posisi kudsa-kuda ( truss ) sesuai dengan gambar rencana tersebut
- mengukur jarak antar kuda-kuda
Langkah 3 - Pengangkatan dan Pemasangan kuda-kuda
- mengangkat kuda-kuda secara hati-hati agar tidak mengakibatkan kerusakan pada rangkaian kuda-kuda yang telah selesai dirakit
- memastikan posisi kiri dan kanan kuda-kuda tidak terbalik, sisi kanan dan kiri kuda- kuda dapat ditentukan dengan acuan posisi saat bekerja melihat kuda-kuda, dengan mulut web dapat dilihat oleh pekerja, bagian disebelah kiri pekerja disebut sisi kiri, sedangkan sebaliknya disebut sisi kanan
- mengontrol posisi berdirinya kuda-kuda tegak lurus dengan ring balok menggunakan benang dan lot
- mengencangkan kusa-kuda dengan plat L dengan menggunakan 4 buah screw
- mengencangkan plat L dengan ring balok menggunakan dynabolt dan menambah balok penopang sementara agar posisi kuda- kuda tidak berubah
- mengulangi langkah ke-1 sampai 6 untuk mendirikan semau kuda-kuda sesuai dengan psoissinya dalam gabar kerja
- memeriksa ulang jarak antar kuda-kuda dari as ke as ( maksimum 1,2 meter )
- memeriksa kedataran garis nik memiliki ketingian ynag sama datar
- memasang balok nok
- memasang bracing ( pengikat ) sebagai perkuatan, jika bekerja beban angin,bracing dipasang di atas top-chrod dan di bawah ring
- bila menggunakan slumunium foil, lapisan ini di pasang terlebih dahulu di atas truss, jurai dan rafter
- memasang reng denga jarak menyesuaikan jenis penutup atap yang digunakan setiap pertemuan reng dengan kuda-kuda dikat memakai srew ukuran 10-16x16 sebanyak 2 buah
- memasang outrigger ( gording tambahan setelah kuda-kuda terakhir yang menumpu ring balok ) , pada atap jenis pelasan, outrigger dapat dipasang sebagai overhang dengan panjang maksimal 120 cm dari kuda-kuda terluar, dan jarak antar outrigger 120 cm, outrigger harus diletakkan dan di-screq dengan 2 buah kuda-kuda yang terdekat- memasang ceilling bettens dengan jarak antar masing-masing ceiling adalah 120cm, komponen ini dipasang pasang pada permukaan bagian atas bottom chord kuda-kuda dan di-srew, untuk pertemuan ceiling battens dengan ring balok diberi bantalan bracket yang diikat memakai 2 buah dynabolt, fungsi ceiling battens dsini adalah untuk memperkuat ikatan antar kuda-kuda, jika diperlukan sambungan memanjang ceiling battens sebaiknya tepat di atas bottom chord, serta sambungan harus ovelap 40cm, dan setiap pertemuan dengan bottom chord harus di-screw, ceiling battens selanutnya dapat difungsikan untuk menahan plafond dan penggantungnya
Pemasangan Ceiling Battens :
Sambunga ceiling battens atau top span overlap sepanjang 40cm dengan perkuatan 4 buah screw.
Pemasangan Penutup Atap :
- memeriksa ulang pemasangan kuda-kuda sesuai dengan nomor, kedaratan nok maupun sisi atap dan memastikan suppport overhang terpasang dengan benar
- bila menggunakan alumunium foil, maka lapisan ini di pasang terlebih dahulu di atas jurai dan rafter
- menentukan jarak reng sesuai dengan jenis penutup atap yang dugunakan, kemudian dilanutkan dengan pemasangan reng ( roof battens ) dengan screw 10 - 16 x 16 HEX.
- memasang satu jalur penutup terlebih dahulu dari bawah ke atas, pemasangan penutup atap harus lurus dan rapi dan tidak berbelok-belok
Untuk Inspeksi Akhir :
Karat dapat dapat disebabkan oleh penempelan kotoran ( serpihan-serpihan akibat proses pemotongan baja ringan ) atau penggunungan bahan logam lain pada stuktur baja ringan, seperti : pengikatan kawat bendrat, pemasangan sekrup yang tidak standart, atau karena goresan benda tajam, jika terjadi korosi sangat besar. Oleh karena itu harus dilakukan inspeksi untuk memastikan tidak ada kotoran maupun logam-logam lain yang masih menempel ataupun berada di sekitar-sekitar baja ringan.
Sedikit berbagi pengalaman tentang pembuatan Rangka Baja Ringan Atap Rumah. Semoga bisa bermanfaat untuk anda jika anda ingin membangun rumah dan semoga bisa menjadi referensi anda. Terima Kasih sudah menyempatkan mampir di blog kami. Bertemu lagi di pembahasan selanjutnya dengan tema Rangka Baja Ringan Galvalum.